www.AlvinAdam.com

Berita 24 Jawa Tengah

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Pengusaha Jawa Tengah keluhkan penambahan cuti Lebaran 2018

Posted by On 17.27

Pengusaha Jawa Tengah keluhkan penambahan cuti Lebaran 2018

Merdeka > Uang Pengusaha Jawa Tengah keluhkan penambahan cuti Lebaran 2018 Senin, 7 Mei 2018 15:39 Reporter : Dian Ade Permana aktivitas mudik pelabuhan. ©Istimewa

Merdeka.com - Pemerintah memutuskan jumlah hari cuti bersama Lebaran 2018 tetap ikuti Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri. Dalam SKB itu diputuskan cuti bersama sebanyak tujuh hari sehingga total libur Lebara n menjadi 10 hari pada 11-20 Juni 2018.

BERITA TERKAIT
  • Bos Apindo sebut banyak ritel gulung tikar karena melemahnya daya beli masyarakat
  • Cerita taruhan hadiah traktir makan antara bos Apindo dan Menkeu Sri Mulyani
  • Apindo ungkap dua perusahaan anggotanya siap IPO tahun ini

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Tengah, Frans Kongi mengatakan keputusan pemerintah ini disesalkan pengusaha, sebab mereka harus menyiapkan uang lembur untuk buruh yang bekerja.

"Tentu kami sesalkan sikap pemerintah yang menetapkan cuti Lebaran. Pemerintah sama saja mengakomodir kepentingan kelompok tertentu tanpa memperhatikan situasi perusahaan yang ada di setiap daerah," kata Frans saat dihubungi, Senin (7/5).

Dia menilai, penambahan cuti Lebaran akan memperberat kinerja perusahaan padat karya yang ada di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah. Dalam rentang waktu tersebut, perusahaan biasanya telah menjadwalkan transaksi ekspor ke luar negeri.

Akibatnya, perusahaan harus menganggarkan dana untuk uang lembur bagi para buruh. "Mau enggak mau kita harus siapkan uang lembur jika ada buruh yang masuk kerja saat Lebaran nanti. Jika cutinya diperpanjang pasti pabrik-pabrik banyak yang berhenti beroperasi mengingat buruh ikut cuti bersama yang ditetapkan pemerintah," tuturnya.

Selain itu, pengusaha juga harus menjadwal ulang transaksi ekspor barang saat Lebaran. Hal ini dianggap yang paling merepotkan para pengusaha. "Para pegawai negeri kalau ikut cuti bersama ya otomatis bank-bank juga libur. Padahal momentum Lebaran itu digunakan sebagian perusahaan untuk mengekspor barang ke luar negeri," jelasnya.

Untuk itu, Apindo akan melobi pemerintah melalui kementerian terkait untuk menyikapi perpanjangan cuti bersama Lebaran. Dengan begitu, dia berharap bisa memberikan alternatif kebijakan yang menguntungkan kedua belah pihak. [azz]

Baca Juga:
Harga tiket kereta api tujuan Jakarta, Surabaya, Jogja, dan berbagai kota lainKerja pas libur Lebaran, PNS bisa ambil jatah cuti di waktu lainIni arahan pemerintah terkait aturan cuti Lebaran untuk perusahaan swastaPasar modal beroperasi penuh lebih awal usai libur Lebaran, di 20 JuniPemerintah resmi tetapkan libur Lebaran 10 hariResmi, pemerintah tetapkan libur Lebaran 10 hari mulai 11 Juni
Topik berita Terkait:
  1. Apindo
  2. Lebaran 2018
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini
  • Muslimat dan Fatayat NU siap menangkan Gus Ipul - Puti di Sidoarjo

  • Jel ang Debat Publik kedua, Gus Ipul kosongkan kegiatan sementara Khofifah berlatih

  • Cak Anam diminta Prabowo kampanye menangkan Gus Ipul-Puti

Rekomendasi

Sumber: Google News | Berita 24 Jateng

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »