www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Inilah Terowongan yang Anda Lewati jika Naik Kereta Api di Pulau ...

Posted by On 03.44

Inilah Terowongan yang Anda Lewati jika Naik Kereta Api di Pulau ...

Terowongan Kereta Api (KA) Ijo sepanjang 580 meter di Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, dijaga tiga karyawan Perumka secara bergantian, karena terowongan terpanjang di Pulau Jawa itu, juga dijadikan sarana pencari kayu melintas.H DIRMAN THOHA Terowongan Kereta Api (KA) Ijo sepanjang 580 meter di Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, dijaga tiga karyawan Perumka secara bergantian, karena terowongan terpanjang di Pulau Jawa itu, juga dijadikan sarana pencari kayu melintas.

Jakarta, KOMPAS.com â€" Mudik Lebaran segera datang. Ke mana Anda mudik tahun ini? Jika tujuan mudik Anda di kaw asan Pulau Jawa dan menggunakan kereta api, Anda akan melewati beberapa terowongan.

Nah, terowongan apa saja yang dilintasi jalur kereta api di Pulau Jawa?

Terowongan Sasaksaat

Jika melakukan perjalanan dari Jakarta ke Bandung dan sebaliknya menggunakan layanan kereta api, Anda akan melewati sebuah terowongan panjang bernama Terowongan Sasaksaat.

Baca juga: KAI: Dilarang Ngabuburit di Jalur Kereta Api

Perjalanan kereta yang melalui terowongan ini antara lain KA Serayu dan KA Argo Parahyangan.

Terowongan sepanjang 949 meter ini terletak di Desa Sumurbandung, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat dan termasuk dalam wilayah DAOP II Bandung.

Penjaga terowongan kereta api Sasaksaat sedang menjalankan tugasnya.HER SUGANDA Penjaga terowongan kereta api Sasaksaat sedang menjalankan tugasnya.
Terowon gan Sasaksaat dibangun pada tahun 1902â€"1903.

Mengutip harian Kompas, 16 Agustus 2002, Terowongan Sasaksaat merupakan tulang punggung transportasi Jakarta-Bandung yang berada di daerah patahan atau sesar minor.

Terowongan Kebasen, Notog, dan Ijo

Anda akan melintasi tiga terowongan jika melakukan perjalanan dari Jakarta-Surabaya dan sebaliknya melalui jalur selatan.

Tiga terowongan itu adalah Terowongan Kebasen, Terowongan Notog, dan Terowongan Ijo.

Kereta Api Sawunggalih saat hendak melintasi Terowongan Ijo yang terletak di Desa Bumi Agung, Kecamatan Rowokele, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, pekan lalu. Terowongan sepanjang 580 meter tersebut rencananya akan ditinggalkan dan diganti terowongan baru di sebelah utara untuk menampung dua jalur kereta api dalam pembangunan jalur ganda (double track) KA lintas selatan antara Kroya (   Cilacap) dan Kutoarjo (Purworejo).   Kompas/Gregorius Magnus Finesso *** Local Caption *** Kereta Api Sawunggalih saat hendak melintasi Terowongan Ijo yang terletak di Desa Bumi Agung, Kecamatan Rowokele, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Jumat (9/5). Terowongan sepanjang 580 meter tersebut rencananya akan ditinggalkan dan diganti terowongan baru di sebelah utara untuk menampung dua jalur kereta api dalam pembangunan jalur ganda (double track) KA lintas selatan antara Kroya (Cilacap) dan Kutoarjo (Purworejo).   Kompas/Gregorius Magnus Finesso (GRE) 09-05-2014GREGORIUS MAGNUS FINESSO (GRE) Kereta Api Sawunggalih saat hendak melintasi Terowongan Ijo yang terletak di Desa Bumi Agung, Kecamatan Rowokele, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, pekan lalu. Terowongan sepanjang 580 meter tersebut rencananya akan ditinggalkan dan diganti terowongan baru di sebelah utara untuk menampung dua jalur kereta api dalam pembangunan jalur ganda (double track) KA lintas selatan antara Kroya (Cilacap) dan K utoarjo (Purworejo). Kompas/Gregorius Magnus Finesso *** Local Caption *** Kereta Api Sawunggalih saat hendak melintasi Terowongan Ijo yang terletak di Desa Bumi Agung, Kecamatan Rowokele, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Jumat (9/5). Terowongan sepanjang 580 meter tersebut rencananya akan ditinggalkan dan diganti terowongan baru di sebelah utara untuk menampung dua jalur kereta api dalam pembangunan jalur ganda (double track) KA lintas selatan antara Kroya (Cilacap) dan Kutoarjo (Purworejo). Kompas/Gregorius Magnus Finesso (GRE) 09-05-2014Terowongan Kebasen dan Terowongan Notog terletak di Desa Notog, Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas.

Dua terowongan yang terletak di timur Stasiun Notog ini memiliki panjang masing-masing 79 dan 260 meter dengan jalur yang melengkung, sehingga ujung terowongan tidak terlihat.

Baca juga: Terowongan Tol Cisumdawu Belum Bisa Dibuka Saat Lebaran 2018

Ke arah ke timur, terdapat Terowongan Ijo dengan panjang 580 me ter.

Terowongan ini terletak di Desa Bumiagung, Kecamatan Rowokele, Kabupaten Kebumen di bawah wilayah Daerah Operasi V Purwokerto.

Terowongan Ijo dibangun pada tahun 1985-1986 menembus pegunungan kapur di daerah Gombong Selatan.

Dari arah barat, terowongan ini akan Anda lalui sebelum tiba di Stasiun Gombong.

Ketiga terowongan ini, Kebasen, Notog, dan Ijo rencananya akan dinonaktifkan setelah proyek jalur ganda kereta api lintas selatan rampung dikerjakan.

Selanjutnya, akan dibangun terowongan-terowongan lain sebagai gantinya. Sementara terowongan lama kemungkinan akan dijadikan sebagai cagar budaya.

Terowongan Mrawan

Jika melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta api dari Surabaya ke arah Banyuwangi atau sebaliknya, maka Anda akan melewati sebuah terowongan di Jember bernama Terowongan Mrawan.

Kereta yang melewati terowongan ini antara lain KA Sri Tanjung dan KA Mutiara Timur.

Terowongan Mrawan terleta k di perbatasan Banyuwangiâ€"Jember, tepatnya di Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, dengan panjang 620 meter.

Pembangunan terowongan ini selesai pada tahun 1910, setelah kurang lebih 10 tahun masa pengerjaan.

Terowongan Karangkates atau Dwi Bhakti Karya

Petugas perawatan pelintasan kereta api mengecek kondisi rel di sekitar terowongan kereta api Dwi Bhakti Karya di Desa Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa (3/11). Pelintasan kereta api di kawasan Waduk Sutami termasuk unik karena melewati dua terowongan di daerah PLTA Karangkates. HENDRA A SETYAWAN Petugas perawatan pelintasan kereta api mengecek kondisi rel di sekitar terowongan kereta api Dwi Bhakti Karya di Desa Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa (3/11). Pelintasan kereta api di kawasan Waduk Sutami te rmasuk unik karena melewati dua terowongan di daerah PLTA Karangkates. Terowongan Karangkates atau dikenal juga dengan Terowongan Dwi Bhakti Karya diresmikan pada 6 April 1968.

Terowongan ini berada pada jalur lintasan Malang-Blitar, dan tak jauh dari Stasiun Sumberpucung menuju Stasiun Pohgajih, Blitar.

Tepatnya, berada di di Desa Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Berdasarkan pemberitaan harian Kompas, 17 April 1968, pembangunan terowongan dengan panjang 550 meter itu dilakukan bersamaan dengan proyek Bendungan Karangkates oleh Ditjen Pengairan Dasar Departemen Pekerjaan Umum.

Terowongan ini merupakan terowongan kereta api pertama di Indonesia yang selesai pembangunannya setelah kemerdekaan dan dikerjakan oleh pekerja yang merupakan warga Indonesia.

Kompas TV Untuk menambah kapasitas angkutan saat mudik lebaran, PT Kereta Api Indonesia daerah operasi enam, meluncurkan kereta Solo Ekspres.



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
  • Lebaran 2018

Berita Terkait

Ada Terowongan Peninggalan Jepang di Bawah Kota Bukittinggi

Musim Dingin di Jepang, Ini "Terowongan Biru" Paling Instagramable!

Terkini Lainnya

Menikmati Pesona Bunga Hydrangea di Kamakura

Menikmati Pesona Bunga Hydrangea di Kamakura

Travel Story 28/05/2018, 17:22 WIB Buka Puasa di Batam, Rp 128 Ribu Bisa Makan Sepuasnya

Buka Puasa di Batam, Rp 128 Ribu Bisa Makan Sepuasnya

Food Story 28/05/2018, 16:24 WIB Lupakan Sakura, Bunga Cantik Ini Mekar saat Musim Lebaran di Jepang

Lupakan Sakura, Bunga Cantik Ini Mekar saat Musim Lebaran di Jepang

Travel Story 28/05/2018, 15:21 WIB Tips Mencegah Pencurian Identitas s   aat Berwisata

Tips Mencegah Pencurian Identitas saat Berwisata

Travel Tips 28/05/2018, 14:24 WIB Inilah Terowongan yang Anda Lewati jika Naik Kereta Api di Pulau Jawa

Inilah Terowongan yang Anda Lewati jika Naik Kereta Api di Pulau Jawa

News 28/05/2018, 13:41 WIB 5 Kiat Memesan Tiket Penerbangan Lanjutan

5 Kiat Memesan Tiket Penerbangan Lanjutan

Travel Tips 28/05/2018, 13:22 WIB 8 Kedai Es di Jakarta, dari yang Legendaris sampai Kekinian

8 Kedai Es di Jakarta, dari yang Legendaris sampai Kekinian

Food Story 28/05/2018, 10:39 WIB 'Famtrip Vesak Day' Cara Kemenpar Promosikan Borobudur

"Famtrip Vesak Day" Cara Kemenpar Promosikan Borobudur

News 28/05/2018, 09:48 WIB Weekender! Program Baru untuk Pembaca Travel Kompas.com

Weekender! Program Baru untuk Pembaca Travel Kompas.com

News 28/05/2018, 08:21 WIB Uniknya Vila-vila Kontainer di Kaki Gunung Halimun

Uniknya Vila-vila Kontainer di Kaki Gunung Halimun

Hotel Story 28/05/2018, 07:42 WIB Melihat Lebih Dekat Sego Boranan, Kuliner Asli Lamongan

Melihat Lebih Dekat Sego Boranan, Kuliner Asli Lamongan

Food Story 28/05/2018, 06:53 WIB Kombinasi Resor Unik dengan Wisata Offroad

Kombinasi Resor Unik dengan Wisata Offroad

News 28/05/2018, 05:53 WIB Cocok untuk Melepas Penat, 4 Kedai Populer di Fukuoka

Cocok untuk Melepas Penat, 4 Kedai Populer di Fukuoka

Jepang Terkini 27/05/2018, 21:35 WIB Cerita 10 Makanan dan Minuman yang Pernah Viral, dari Tahu Bulat hingga Cappucino Cincau...

Cerita 10 Makanan dan Minuman yang Pernah Viral, dari Tahu Bulat hingga Cappucino Cincau...

News 27/05/2018, 09:00 WIB Hadapi Libur Lebaran, Pemerintah Kabupaten Agam Tata Obyek Wisata

Hadapi Libur Lebaran, Pemerintah Kabupaten Agam Tata Obyek Wisata

News 27/05/2018, 07:00 WIB Load MoreSumber: Google News | Berita 24 Jateng

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »