www.AlvinAdam.com

Berita 24 Jawa Tengah

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Bojonegoro, Kota Minyak yang Tak Pernah Habis Melahirkan ...

Posted by On 15.21

Bojonegoro, Kota Minyak yang Tak Pernah Habis Melahirkan ...

Bola.com, Bojonegoro - Jika menyebut nama Bojonegoro, dalam pikiran orang akan langsung terbersit sebuah wilayah kecil di sebelah barat Jawa Timur yang terkenal sebagai penghasil minyak.

Bojonegoro adalah kabupaten yang berimpitan dengan Kabupaten Blora sebagai batas dengan Jawa Tengah. Bojonegoro dan Cepu (Blora) populer dengan pengolahan minyak bumi. Namun, selama rentang waktu 2003-2012, nama klub Persibo Bojonegoro mencuat di pelataran sepak bola nasional.

  • Persipura Bakal Main Menyerang di Kandang Persib
  • PSS Mengecam Madura United dan PT LIB soal Status Cristian Gonzales
  • Bermasalah dengan Persib dan Panathaniakos, Michael Essien Tetap Menikmati Hidup

Kiprah klub berjulukan Laskar Angling Darma ini dimulai dari kasta terendah Divisi Dua. Tahap demi tahap menapaki tangga kasta di kompetisi nasional, Persibo akhirnya bisa mentas dan be rtengger di level tertinggi. Bahkan, mereka pernah jadi kampiun Piala Indonesia 2012.

Gelar juara itu mengantar Persibo sebagai wakil Indonesia di Piala AFC. Sayangnya, karena minim dana, prestasi Persibo di tingkat Asia ini hanya jadi bulan-bulan lawan. Konflik di tubuh PSSI dan dualisme kompetisi yang berakibat pembekuan oleh FIFA berdampak luas.

Setelah terjadi islah antara dua kubu yang berseteru, akhirnya Persibo jadi salah satu korbannya. Persibo mendapat sanksi dan sempat hilang dari kontes sepak bola nasional. Pada Kongres PSSI terakhir, status keanggotaan Persibo dipulihkan, namun mereka harus merangkak lagi dari kasta terbawah yakni Liga 3.

Sejak era keemasan hingga kini, Persibo tak pernah berhenti melahirkan pesepakbola berbakat. Diawali munculnya Samsul Arif Munif dan No an Setia Sasongko. Kedua ikon Bojonegoro ini masih eksis di Liga 1.

Generasi berikutnya disusul Bijahil Chalwa. Prestasi Chalwa tak secemerlang Samsul Arif dan Novan Seti a yang sempat membela timnas Indonesia. Kini Bojonegoro punya kebanggaan lagi dengan lahirnya Hanis Saghara Putra di Timnas Indonesia U-19.

"Pembinaan di Bojonegoro tak pernah berhenti. Meskipun Persibo disanksi dan vakum, namun Askab PSSI Bojonegoro terus membina pemain muda lewat kompetisi rutin. Kami hanya kehilangan klub kebanggaan, namun pembinaan jalan terus," tutur Mustajib, Ketua Askab PSSI Bojonegoro.

Bukan Egy Maulana, Ini Pemain Timnas U-19 yang Dinilai Spesial AFC

Sumber: Google News | Berita 24 Jateng

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »