www.AlvinAdam.com

Berita 24 Jawa Tengah

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Penguatan Rupiah, Bank Indonesia Dorong Peningkatan Ekspor

Posted by On 03.29

Penguatan Rupiah, Bank Indonesia Dorong Peningkatan Ekspor

Penguatan Rupiah, Bank Indonesia Dorong Peningkatan Ekspor

Pelemahan nilai tukar rupiah hingga Rp 13.750 tak lepas dari kondisi neraca perdagangan Indonesia yang minus.

Penguatan Rupiah, Bank Indonesia Dorong Peningkatan EksporTRIBUN JATENG/RAKA F PUJANGGAKepala Bank Indonesia Jawa Tengah, Hamid Ponco Wibowo mendampingi Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia,‎ Dody Budi Waluyo,‎ saat ditemui di Bank Indonesia Jateng, Jalan Imam Bardjo Semarang, Rabu (4/5/2018).

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Raka F Pujangga

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pelemahan nilai tukar rupiah hingga Rp 13.750 tak lepas dari kondisi neraca perdagangan Indonesia yang minus.

Hal itu disampaikan Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia,‎ Dody Budi Waluyo,‎ saat ditemui di Bank Indonesia Jateng, Jalan Imam Bardjo Semarang, Rabu (4/5/2018).

"Kita tidak bisa mengurangi impor, karena impor mengikuti pertumbuhan ekonomi. Yang justru harus dilakukan adalah peningkatan nilai ekspor," jelas dia.

Dia menambahkan, peningkatan nilai ekspor barang dan jasa dinilai akan dapat membuat penguatan fundamental terhadap nilai tukar rupiah.

Sehingga saat terjadi guncangan ekonomi global, rupiah akan tetap kuat dan tidak mengalami ‎tekanan.

"Ekspor barang ini yang kenapa kita tidak naikkan seperti beberapa tahun lalu sektor manufaktur dan devisa wisatawan yang ikut berkontribusi besar," jelas pria yng akan menjadi Dewan Gubernur Bank Indonesia pertengahan tahun mendatang.

‎Terlebih, pesatnya perkembangan teknologi juga bisa dimanf aat untuk ikut membantu mengatasi persoalan itu.

Dorongan penguatan ekspor juga menjadi komitmen Presiden Joko Widodo yang dikejarnya pada 2018.

"Presiden Jokowi menekankan ekspor, ekspor, ekspor pada tahun 2018 karena jika tidak diatasi, akan mendapatkan persoalan yang besar. Terlebih tantangan digital ekonomi yang sudah di depan mata," ujar dia.

Dalam kesempatan itu, Kepala Bank Indonesia Jawa Tengah, Hamid Ponco Wibowo, bersama sejumlah Dosen Fakultas Ekonomi turut menghadiri kegiatan itu.(*)

Penulis: raka f pujangga Editor: galih permadi Sumber: Tribun Jateng Ikuti kami di Uang untuk Menebus Obat Ibu Dipungli Oknum Polisi, Lihat Reaksinya saat Minta Dikembalikan Sumber: Google News | Berita 24 Jateng

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »