www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Pelatih timnas futsal putri bertekad kuasai Bahasa Indonesia

Posted by On 03.29

Pelatih timnas futsal putri bertekad kuasai Bahasa Indonesia

Purwokerto (ANTARA News) - Pelatih tim nasional futsal putri Indonesia berkewarganegaraan Jepang, Kensuke Takahashi bertekad untuk menguasai Bahasa Indonesia demi memuluskan komunikasi dengan anak-anak asuhnya.
"Saya harus belajar Bahasa Indonesia," ujar Kensuke di Purwokerto, Jawa Tengah, Rabu.
Sampai saat ini, Kensuke sudah menguasai beberapa kosa kata sederhana seperti ucapan salam, terima kasih dan beberapa jenis makanan misalnya soto ayam, bakso, nasi goreng serta sambal.
Pria 35 tahun itu menyebut bahasa menjadi satu-satunya kendala yang harus ditaklukkannya sejak resmi ditunjuk menjadi pelatih timnas putra, putri dan U-20 Indonesia pada Senin (2/4).
Perihal kondisi sehari-hari lainnya seperti kondisi cuaca dan makanan menurut dia tidak jadi soal.
"Khusus cuaca memang agak panas, tetapi tidak ada masalah," kata Kensuke.
Bahasa Indonesia memang menja di tantangan bagi Kensuke sejak menangani tim nasional futsal. Itu yang membuat dia harus dibantu oleh penerjemah ketika memberikan instruksi kepada anak-anak asuhnya.
Bagi sebagian pemain, hal tersebut cukup menyulitkan. Kiper timnas futsal Citra Adisti menganggap menerjemahkan bahasa dari Jepang ke Indonesia membuat penyampaian informasi menjadi lebih lama.
"Sampainya ke pemain jadi telat karena harus diterjemahkan dahulu. Namun kalau kami tidak mengerti, ada asisten pelatih yang menjelaskan kembali," kata Citra, sembari menambahkan meski demikian dia masih bisa mengerti maksud pelatihnya tersebut.
Kensuke Takahashi sendiri resmi menandatangani kontrak untuk melatih timnas putra, putri dan putra U-20 Indonesia sejak Senin (2/4). Dia diproyeksikan bertugas sampai tahun 2020 dengan evaluasi prestasi dilakukan per-tahun.
Dia merupakan mantan pemain tim nasional futsal Jepang dan sebelumnya melatih Liga Futsal Jepang Bardral Urayasu.
Sebelumnya, Kensuke s empat ke Indonesia untuk memberikan klinik pelatihan di tim futsal asal Indonesia, Vamos dan Mataram FC.
Tugas pertama Kensuke adalah membawa timnas futsal putri bertanding di Kejuaraan Futsal Putri Asia AFC 2018 pada 2-12 Mei 2018 di Thailand dengan target meraih posisi empat besar.
Timnas futsal putri yang beranggotakan 25 pemain tersebut sedang menjalani pemusatan latihan (TC) di Purwokerto, Jawa Tengah.
TC dan seleksi di Purwokerto dijadwalkan berlangsung pada 3-5 April 2018 dan 10-12 April 2018. Kemudian dilanjutkan TC di Bandung pada 16-29 April 2018.
Di sela TC Bandung, dijadwalkan pertandingan uji coba melawan timnas futsal putri Malaysia di tanggal 18 dan 19 April 2018 di GOR ITB, Bandung.
Nantinya akan ada sekitar 16 pemain yang dikirim untuk mengikuti Kejuaraan Futsal Putri Asia AFC 2018.
Baca juga: Timnas futsal putri segera susutkan jumlah skuat

Pewarta: Michael Teguh Adiputra S
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Sumber: < a href=https://www.antaranews.com/berita/698640/pelatih-timnas-futsal-putri-bertekad-kuasai-bahasa-indonesia target="blank">Google News | Berita 24 Jateng

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »