www.AlvinAdam.com

Berita 24 Jawa Tengah

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

BI Gandeng Pondok Pesantren Dorong Perbankan Syariah di Jateng

Posted by On 10.28

BI Gandeng Pondok Pesantren Dorong Perbankan Syariah di Jateng

BI Gandeng Pondok Pesantren Dorong Perbankan Syariah di Jateng

Bank Indonesia mendorong perbankan syariah agar dapat menjadi alternatif pembiayaan khususnya untuk mendukung

BI Gandeng Pondok Pesantren Dorong Perbankan Syariah di Jatengtribunjateng/raka f pujanggaKepala Bank Indonesia Jawa Tengah, Hamid Ponco Wibowo‎ dan Asisten II Bidang Pembangunan dan Perekonomian Pemkot Semarang, Ayu Entys saat jumpa pers di kawasan Kota Lama Semarang, Senin (30/4/2018).

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Raka F Pujangga

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Bank Indonesia mendorong perbankan syariah agar dapat menjadi alternatif pembia yaan khususnya untuk mendukung geliat bisnis di pondok pesantren.

Kepala Bank Indonesia Jawa Tengah, Hamid Ponco Wibowo menilai, ‎pondok pesantren akan menjadi pioner untuk pengembangan perbankan syariah di Jawa Tengah.

Diketahui terdapat 4.400 pondok pesantren di Jawa Tengah yang dapat menggunakan pembiayaan syariah.

"‎‎Sejauh ini pesantren yang terlibat menggunakan bank syariah memang tidak ada datanya, namun keberadaan pesantren ini bisa menjadi model di beberapa tempat‎," jelas dia, di Oudetrap Kota Lama Semarang, Senin (30/4/2018).

Dia menjelaskan, ‎saat ini sudah melakukan pilot project untuk dua pesantren yang berada di Kabupaten Jepara dan Rembang.

Melalui pembiayaan syariah, dapat mendorong geliat bisnis yang ada di pondok pesantren tersebut.

"Pondok pesantren biasanya membutuhkan pembiayaan untuk memajukan usahanya bisa itu dengan berjualan," kata dia.

‎Tren pertumbuhan aset perbankan syariah di Jawa Tengah juga mengalami peningkatan yang lebih tinggi yakni sebesar 7 persen dibandingkan bank konvensional.

‎Dari sisi pembiayaan, juga mengalami pertumbuhan sekitar 9 persen hingga 10 persen.

"‎‎Kontribusi pembiayaannya juga masih didominasi modal kerja," ujar dia.

Untuk mendorong perbankan syariah tersebut, pihaknya juga akan menggelar Festival Syariah yang akan dilaksanakan di Majesty Convention Hall, pada hari Rabu (2/5/2018‎) mendatang.‎

Rencananya akan terdapat 56 stan yang sebagian besar diikuti UMKM mitra binaan Bank Indonesia dan Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo).

"Dalam Festival Syariah ini kami tidak ada target transaksi, namun targetnya kami ingin masyarakat jadi lebih peduli," jelas dia.

Pada kesempatan itu, Asisten II Bidang Pembangunan dan Perekonomian Pemkot Semarang, Ayu Entys. (*)

Penulis: raka f pujangga Editor: iswidodo Sumber: Tribun Jateng Ikuti kami di TERPOPULER: Insiden Buruk Kali Pertama, Bule Denmark Diperkosa di Mentawai, Begini Kronologi Sumber: Google News | Berita 24 Jateng

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »