www.AlvinAdam.com

Berita 24 Jawa Tengah

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

2.258 Siswa Aceh Lulus Bidik Misi

Posted by On 03.06

2.258 Siswa Aceh Lulus Bidik Misi

2.258 Siswa Aceh Lulus Bidik Misi

Sebanyak 2.258 siswa-siswi SMA, SMK, dan MA se-Aceh lulus pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia

2.258 Siswa Aceh Lulus Bidik MisiWAKIL Gubernur Aceh, Nova Iriansyah meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMP 1 Nagan Raya disela-sela kunjungan kerjanya menggunakan sepeda motor gede (moge) ke beberapa daerah di pantai barat selatan Aceh, Senin (23/4).

* Ketiga Tertinggi Nasional

BANDA ACEH - Sebanyak 2.258 siswa-siswi SMA, SMK, dan MA se-Aceh lulus pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia dan mendapat bantuan pendidikan mahasiswa miskin berprestasi (Bidik Misi ) tahun ajaran 2018-2019. Jumlah ini kedua tertinggi nasional setelah Jawa Timur 2.512 siswa-siswi dan Jawa Tengah 2.420 siswa-siswi.

Sedangkan 5.287 siswa-siswi SMA, SMK, dan MA se-Aceh lulus undangan di PTN se-Indonesia. Jumlah ini kelima tertinggi nasional setelah Sumatera Utara 8.079 orang, Jawa Tengah 9.204 orang, Jawa Barat 11.519 orang, dan tertinggi Jawa Timur sebanyak 14.518 siswa-siswi.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Aceh, Drs Laisani MPd menyampaikan hal ini kepada wartawan saat meninjau Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP/MTsN di Banda Aceh, Senin (23/4). Laisani pun merincikan lima alasan, sehingga banyak siswa-siswi Aceh ke PTN nasional se-Indonesia tahun ini.

“ Pertama, ini sesuai mutu kompetensi guru SMA, SMK/MA se-Aceh yang dalam tiga tahun terakhir ini terus meningkat. Pada tahun 2016 mutu kompetensi guru di Aceh masih menduduki ranking 31 nasional dari 34 provinsi, tahun 2017 naik menjadi ranking 23 nasional, tahun 2018 naik lagi menjadi ranking 15 nasional,” sebut Laisani.

Kedua, menurutnya sudah banyak SMA, SMK, dan MA baik negeri maupun swasta menambah jam belajar hingga sore dengan metode mengajar yang efektif, efisien, dan menyenangkan, bahkan sebagian SMA/sederajat juga berasrama atau sistem boarding school. Ketiga, perhatian dari Gubernur Aceh, DPRA, Bupati/Wali Kota, serta DPRK terutama dalam penyediaan sarana dan prasarana, termasuk pembutan program dan perencanaan pendidikan serta pengawasan.

“Keempat peran serta semua stake holder mulai dari Majelis Pendidikan Aceh, kritikan dari PTN, lembaga-lembaga peningkatan mutu guru di kabupaten/kota yang terus meneliti dan mengupdate sistem belajar dan mengajar yang efisien dan efektif, akuntabel dan transparan, serta memudahkan siswa/siswi untuk cepat menangkap mata pelajaran. Kemudian juga didukung peran aktif dan kepedulian orang tua murid/wali siswa,” ujarnya.

Kelima, adalah alokasi anggaran pendidikan, terutama dari dana ots us sekitar Rp 1 triliun diplot dalam APBA ditambah dana operasional sekolah (BOS) Rp 915 miliar/tahun, sehingga banyak hal bisa dilakukan Disdik Aceh, seperti pemantapan belajar anak dimulai dari semester I, II, III, IV, V dan VI yang dilakukan secara ketat dan terintegritas.

Kemarin, Kadisdik Aceh, Laisani memantau pelaksanaan hari pertama UNBK SMP dan MTsN di Banda Aceh dan Aceh Besar bersama Kakanwil Kemenag Aceh, Daud Pakeh. Secara umum berjalan lancar karena jaringan listrik dan internetnya sangat kuat. Begitu pun, untuk jaga-jaga Kepala SMPN 1 Banda Aceh, Drs Bustami menyewa genset.

Hal ini berbeda dengan di sebagian daerah di Aceh, yang pelaksanaan UNBK SMP/MTsN ini masih sama seperti tahun sebelumnya, ada yang terganggu karena mati lampu maupun lemahnya jaringan internet. Karena itu, Kadisdik menyarankan pihak sekolah menyediakan genset dan segera menghubungi pihak Telkom/Telkomsel jika internet macet.

Adapun total siswa/siswi SMP/MTsN se-Aceh yang ikut UNBK 2018, menurut Kabid Pendidikan SMA/SMK Disdik Aceh, Zulkifli selaku panitia tingkat Aceh adalah 74.895 orang. Sedangkan peserta ujian nasional berbasil kertas dan pinsil (UNKP) 14.806 orang. (her)

Editor: bakri Sumber: Serambi Indonesia Ikuti kami di Sumber: Google News | Berita 24 Jateng

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »