www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Musim Hujan Diprediksi Berlangsung 4 Bulan, Ganjar Minta BPBD Sosialisasi Daerah Rawan Bencana

Posted by On 00.20

Musim Hujan Diprediksi Berlangsung 4 Bulan, Ganjar Minta BPBD Sosialisasi Daerah Rawan Bencana

Musim Hujan Diprediksi Berlangsung 4 Bulan, Ganjar Minta BPBD Sosialisasi Daerah Rawan Bencana

"Longsor itu niteninya tidak terlalu sulit. Misalnya kita cek tebing-tebing apakah muncul rekahan-rekahan, jangan lupa kenthongannya dipasang lagi,"

Musim Hujan Diprediksi Berlangsung 4 Bulan, Ganjar Minta BPBD Sosialisasi Daerah Rawan BencanaTribun Jateng/Khoirul MuzakiIlustrasi longsor

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nur Huda

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Memasuki musim pancaroba, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menginstruksikan pada Badan Penanggulangan Benca na Daerah (BPBD) untuk memetakan daerah yang rawan bencana, serta menyiapkan mitigasi kebencanaannya.

"Saya sudah minta pada BPBD dan ESDM untuk koordinasi, untuk daerah yang rawan dimitigasi sejak sekarang dan diperingatkan. Siapkan jalur evakuasi, siapkan tempat untuk penampungan, logistik," kata Ganjar, Rabu (11/10/2017).

BPBD Provinsi Jateng, lanjutnya, juga harus berkoordinasi dengan BPBD kabupaten/kota untuk memetakan masyarakat yang tinggal di lokasi rawan bencana, seperti daerah yang kemiringan tanahnya tehitung ekstem.

BPBD juga harus berkoordinasi dengan Forum Kewaspadaan Diri Masyarakat (FKDM) untuk menyosialisasikan tanda bencana, serta berkoordinasi dengan relawan dari berbagai unsur. Utamanya di daerah-daerah rawan bencana yang terdapat kepadatan penduduk.

"Kalau memang sudah ada titik-titik yang rawan longsor maka kita segera sosialisasikan kepada masyarakat," tegasnya.

Selain itu, segera menyiapkan jalur-jalur ev akuasi, lokasi pengungsian yang aman dan nyaman bagi warga, dan memastikan kesiapan logistik. Personel BPBD dan FKDM juga dituntut selalu siaga apabila sewaktu-waktu terjadi bencana.

"Sebarkan poster tentang ciri-ciri bencana. Bereskan jalur evakuasi mereka ke tempat-tempat pengungsian yang aman. Pastikan semua logistik kita semua siap dan semua personel on call," tegasnya.

Ganjar mengungkapkan, dari hasil koordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), musim penghujan diperkirakan akan berlangsung selama empat bulan. Yakni mulai November dan Desember 2017, Januari-Februari 2018.

"Empat bulan kita akan siaga, kemungkinan longsor dan banjir," katanya.

Sedangkan untuk daerah yang belum terdapat alat early warning system (EWS), Ganjar mengimbau, masyarakat untuk waspada. Yaitu menggunakan pengetahuan kearifan lokal atau Ilmu Titen.

"Longsor itu niteninya tidak terlalu sulit. Misalnya kita cek tebing-tebin g apakah muncul rekahan-rekahan, jangan lupa kenthongannya dipasang lagi," katanya. (*)

Penulis: m nur huda Editor: muslimah Sumber: Tribun Jateng Ikuti kami di Heboh Video Penampakan Makhluk Misterius Mirip Putri Duyung, Saksi Mata sampai Gemetar saat Merekam Sumber: Tribun Jateng

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »