www.AlvinAdam.com


Berita 24 Jawa Tengah

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Buka Pasar Eropa, Seribu Bonsai Asal Jawa Tengah Dikapalkan ...

Posted by On 13.31

Buka Pasar Eropa, Seribu Bonsai Asal Jawa Tengah Dikapalkan ...

Buka Pasar Eropa, Seribu Bonsai Asal Jawa Tengah Dikapalkan Menuju Belanda

"Dari Belanda produk-produk Indonesia bisa merambah ke berbagai negara karena negara kami juga bergabung dalam Uni Eropa," katanya.

Buka Pasar Eropa, Seribu Bonsai Asal Jawa Tengah Dikapalkan Menuju BelandaTRIBUN JATENG/PONCO WIYONODari kiri ke kanan, Kepala Bidang Politik Kedutaan Besar Kerajaan Belanda Roel van der Veen, Pemilik CV Exotic Bonsai Edo de Groot, dan Kepala Badan Karantina Pertanian Banun Harpini, menyaksikan proses pengangkutan bonsai-bonsai ke dalam kontainer, pada Selasa (19/12/2017).

Laporan wartawan Tribun Jateng, Ponco Wiyono

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Kepala Bidang Politik Kedutaan Besar Kerajaan Belanda Roel van der Veen percaya kerjasama antara negerinya dengan Indonesia akan semakin erat di masa yang akan datang.‎

Hal tersebut ia sampaikan saat acara pengiriman seribu batang tanaman bonsai‎ dari Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang, pada Selasa (19/12/2017).

Pada pengapalan perdana produk CV Exotic Bonsai itu, van der Veen mengatakan akan ada keuntungan yang didapatkan pengusaha Indonesia dengan merangkul Belanda sebagai gerbang memasuki pasar Eropa.

"Belanda memiliki Rotterdam, pelabuhan yang bisa dikatakan terbaik di Eropa. Dari Belanda produk-produk Indonesia nantinya juga bisa merambah ke berbagai negara karena negara kami juga bergabung dalam Uni Eropa," kata van der Veen.

Baca: HORE! Nelayan di Kota Tegal Mendapat Bantuan 17 Kapal Penangkap Ikan

Kepala ‎Badan Karantina Pertanian Banun Harpini dalam kesempatan itu menambahkan, Indonesia kaya denga n tanaman bonsai.

Dikatakan, Indonesia kini menempati posisi tiga sebagai negara penghasil tanaman bonsai terbesar di dunia, setelah Jepang dan Tiongkok.

"Biodiversitas di Indonesia besar dan potensial, namun masih terdengar sayup-sayup, di sinilah tantangan kita. Petani sudah tahu bagaimana membuat tanaman bonsai yang baik, kami pun siap memberikan pendampingan termasuk terhadap eksortir, tinggal tindak lanjut," tegasnya.

Baca: BNI Buka Kantor Payment Point di Polrestabes Semarang, Ini Tujuannya

Pemilik CV Exotic Bonsai Edo de Groot sendiri menyampaikan, pihaknya sangat selektif dalam memilih tanaman bonsai yang akan dijual ke luar negeri.

Pria asli Belanda yang sudah menekuni tanaman bonsai di Tengaran sejak 1992 ini menambahkan, Februari nanti pihaknya akan mengirimkan tanaman bonsai ke Prancis sebanyak 200an batang.

"Kemudian Maret ke Jerman, lalu Spanyol. Yang jelas, semakin ke sini kami membutuhkan banya k lagi tenaga dari petani lokal, sementara untuk tanaman sendiri mudah didapatkan, antara lain lada-lada, cemara, dan jenis ficus," urai de Groot.

Dalam acara tersebut, dilakukan penandatanganan perjanjian ekspor impor secara elektronik, dan disiarkan langsung melalui video telekonferensi.

Hadir pula dalam acara tersebut Asisten Bidang Ekonomo Sekretariat Daerah Jateng, Priyo Anggoro.‎(*)

Penulis: ponco wiyono Editor: suharno Sumber: Tribun Jateng Ikuti kami di Bikin Terkecoh! Wanita Cantik Ini Dikira Karakter Animasi, Ternyata Manusia Asli Sumber: Google News | Berita 24 Jateng

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »