www.AlvinAdam.com


Berita 24 Jawa Tengah

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

320 Narapidana di Jawa Tengah Dapat Remisi Natal

Posted by On 03.38

320 Narapidana di Jawa Tengah Dapat Remisi Natal

Senin 25 Desember 2017, 16:10 WIB 320 Narapidana di Jawa Tengah Dapat Remisi Natal Angling Adhitya Purbaya - detikNews 320 Narapidana di Jawa Tengah Dapat Remisi NatalPenyerahan remisi di Lapas Kelas 1A Kedungpane Semarang. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom Semarang - Suara rebana menggelegar di gereja di Lapas Kelas 1A Kedungpane Semarang mengiringi penyerahan remisi Natal tahun ini. Para pemain rebana itu sekaligus menyanyikan lagu-lagu Natal untuk memeriahkan suasana.
Para pemain rebana itu merupakan narapidana yang menjalani masa hukuman dan juga mendapatkan remisi Natal. Mereka dianggap berkelakuan baik dan rajin mengikut i kehiatan rohani di sana.
"Krativitasnya menggunakan rebana, seperti ini kan harusnya mendapat remisi. Kami beri apresiasi karena kreatif pakai rebana. Ini wujud kebhinnekaan kita," kata Kepala Wilayah Kemenkumham Jateng, Ibnu Chuldun di Lapas Kedungpane, Senin (25/12/2017).
Selain misa Natal di Gereja Lapas Kedungpane, Ibnu juga menyampaikan soal pemberian remisi kepada 320 narapidana di seluruh Jawa Tengah. Sedangkan khusus di Semarang ada 56 orang.
"Di Jawa Tengah paling banyak memang di Semarang," imbuhnya.
Dari jumlah 320 narapidana di Jawa Tengah, ada 5 orang di antaranya yang mendapatkan remisi khusus II atau langsung bebas setelah mendapatkan remisi. Sedangkan sisanya termasuk di Semarang, seluruhnya mendapat remisi khusus I berupa pengurangan masa hukuman namun tetap masih harus menjalani sisanya.
"Mereka yang telah menjalani pembinaan minimal 6 bulan baru berhak diusulkan mendapatkan remisi," pungkas Ibnu.
Salah seoran g Narapidana kasus narkoba, Leonardus (52) warga Maluku Utara mengatakan kegiatan Natal di dalam Lapas juga ada dan bersyukur ada kegiatan rohani di sana. Leonardus sendiri mendapatkan remisi 1 bulan dan masih memiliki sisa masa tahanan 7 bulan.
"Di sini ada kebaktian, hari Minggu, Senin, Selasa, sampai Kamis," kata Leonardus.
Selain suasana natal di Gereja, sukacita juga terlihat dari warga yang menjenguk para narapidana. Tidak hanya narapidana Nasrani, apapun agamanya, keluarga narapidana diperbolehkan datang menjenguk namun tetap harus melalui pemeriksaan ketat petugas.
(sip/sip)Sumber: Google News | Berita 24 Jateng

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »