Rindu Wakil Jateng di Liga Satu

Rindu Wakil Jateng di Liga Satu OPINI Rindu Wakil Jateng di Liga Satu Rindu Wakil Jateng di Liga Satu. Opini ditulis oleh Ahm...

Rindu Wakil Jateng di Liga Satu

OPINI

Rindu Wakil Jateng di Liga Satu

Rindu Wakil Jateng di Liga Satu. Opini ditulis oleh Ahmad Riyatno, S.Ag, M.Pd.,I, Guru MAN 2 Seamarang, Pecinta, Pengamat Bola

Rindu Wakil Jateng di Liga Satutribunjateng/cetak/bramRindu Wakil Jateng di Liga Satu. Opini ditulis oleh Ahmad Riyatno, S.Ag, M.Pd.,I, Guru MAN 2 Seamarang, Pecinta, Pengamat Bola

Opini ditulis oleh Ahmad Riyatno, S.Ag, M.Pd.,I, Guru MAN 2 Seamarang, Pecinta, Pengamat Bola

TRIBUNJATENG.COM - Pertengahan tahun 2000 menjadi masa kenangan sepak bola Jawa Tengah. Saat itu dua klub dari provinsi ini tampil di liga Indonesia, ajang tertinggi sepak bola bola profesional atau liga satu di era sekarang. Dua klub yang jadi andalan adalah PSIS Semarang dan Persijap Jepara. PSIS menjadi klub yang disegani dan berturut-turut finish sebagai juara ketiga dan runner up masing-masing tahun 2005 dan 2006. Meski sejak tahun 2007 prestasi Mahesa Jenar surut dan berakhir degradasi di musim 2008/2009, masih ada Persijab yang menggaungkan nama Jateng (Tribun Jateng, 7 November 2017)

Pertengahan tahun 2000 menjadi masa kenangan sepak bola Jawa Tengah. Saat itu dua klub dari provinsi ini tampil di liga Indondonesia, ajang tertinggi sepa kbola bola profesional atau liga satu di era sekarang. Dua klub yang jadi andalan adalah PSIS Semarang dan Persijap Jepara. PSIS menjadi klub yang disegani dan berturut-turut finish sebagai juara ketiga dan runner up masing-masing tahun 2005 dan 2006. Meski sejak 2007 prestasi Mahesa Jenar surut dan berakhir degradasi di musim 2008/2009, masih ada Persijab yang menggaungkan nama Jateng. Di tahun 2017, langkah Persijab, Persibat Batang, PPSM Magelang terseok-seoek dan hanya Persis Solo dan PSIS moncer untuk melakoni melakoni 8 besar. Persis di pertandingan pertama kalah dengan Martapura FC sedangkan PSIS stelah terkatung-katung menunggu petandingan sudah ditetapkan bermain tanggal 15 November 2017.

Sebelumnya, untuk memantapkan langkah menuju kasta 1, manajemen PSIS serta beberapa tokoh sepak bola Jawa Tengah memberikan pesan berharga yang diselenggarakan di Normans Hotel untuk pemain sebelum mengarungi liga 1. Acara tersebut untuk melepas dan mendoakan seluruh pemain, oficcial agar selamat selama pertandingan berlangsung. Sukawi Sutarib, Yoyok Sukawi, Khairul Anwar, Johar Lin Eng, Simon Legiman. Semua menyuntik motivasi pemain Mahasea Jenar dengan semangat agar bisa lolos 8 besar (Tribun Jateng, Rabu 8 November 2017)

Langkah PSIS Semarang menapakkan kedelapan besar dengan perjuangan yang maksimal dalam pertandingan sebelum menuju 8 besar di Stadion Singaperbangsa, Karawang, Jawa Barat, PSIS meng gunduli Persita tiga gol tanpa balas. Di laga kedua di Stadion Citarum Semarang yang tanpa dihadiri suporter karena faktor non teknis, Selasa 3 Oktober 2017 mengkandaskan Persita dengan skor 2-0 dan Mahasa Jenar kokoh di puncak klasemen sementara dengan torehan10 point dan babak 8 besar menunggu Laskar Mahesa Jenar. (Tribun, 4 Oktober 2017) Sebelumnya, PSIS berhasil meraih poin penuh setelah mengalahkan PSMS Medan dengan skor 2-1 dalam laga perdana babak 16 besar liga 2 di Stadion Kebun Dalem Kendal JawaTengah. (Tribun Jateng, 22 September 2017)

Persatuan Sepak Bola Indonesia Semarang (PSIS) yang lebih dikenal dengan sebutan Laskar Mahesa Jenar adalah klub sepak bola yang bermarkas di Semarang yang berhome base di Stadion Jatidiri Semarang. Sebagai klub besar di Jawa Tengah PSIS pernah merasakan manisnya menjadi Juara Divisi Utama tahun 1999 dan terdegradasi ke divisi 1 pada tahun 2000. Tahun 2001 PSIS kemudian berhasil menjuarai kompetisi divisi 1 nasional dan berhak kembali di kompetisi divisi utama liga Indonesia. PSIS pernah menjuarai Liga Perserikatan Indonesia . Diera Ribut Waidi, Ahmad Muhariyah, Sudaryanto, Budi Johanis, Budiawan Hendratno, Syaiful Amri adalah nama-nama yang sangat tenar dan di seganidan ditakuti lawan karena skill dan fisiknya yang baik.. Kekompakan seluruh pemain PSIS membuat nyali musuh ciut ketika akan berhadapan di lapangan.

Uforia di tahun 1999 bisakah terulang lagi? Lewat perjalanan panjang di babak penyisihan divisi 2 Nasional Rio Saputra, Taufik Hidayat, Safrudin Tahar, dan seluruh pemain PSIS telah berjuang maksimal hingga lolos 16 besar dan 8 besar pun sudah didepan mata. Mampukan Laskar Mahesa Jenar menjawab ekspektasi masyarakat Semarang ditahun 2017. PSIS telah menuntaskan laga pamungkas grup 4 liga 2 kontra Persiba Bantul di Stadion Sultan Agung senin 11 September 2017 dengan kemengan 1-2. Langkah berikutnya di 16 besar, Persita telah dikalahkan, Persibat Batang bermain seri dan PSMS Medan juga PSIS kalahka n di kandangnya, dan Persita dua kali PSIS kalahkan. Jadwal yang padat serta jarak yang tempuh yang saangat jauh ternyata telah menjadi tantangan dan hambatan tersendiri skuat PSIS Semarang untuk melakoni laga 8 besar. Semua telah dilewati dengan sukses dan hanya sedikit langkah menuju 8 besar.

Mantabkan Taktik, Berdoa, dan Jaga Kekompakan

Subangkit selaku pelatih telah mengasah kemampuan penyelesaian akhir, kerja sama tim, serta mematangkan taktik untuk laga 8 besar. Ia mengatakan, pemantapan teknik anak asuhnya sangatlah penting karena kesempatan berlatih di Cikarang bakal sangat mepet. Mematangkan organisasi tim sangatlah penting lantaran kesempatan mencoba stadion sangat terbatas kata bangkit (Tribun Jateng, 8 November 2017). Walhasil, setelah ditunda akan dimainkan tanggal 13 November 2017.

Persaingan yang ketat di 8 besar, memang dibutuhkan pemain yang siap segalanya baik pisik dan mental. Presseur, provokasi adalah hal yang sering dilakuk an klub lain dengan tujuan menjatuhkan mental pemain. Ketika di lapangan hijau sangat beda ketika di luar lapangan. Pemain yang tidak siap fisik dan mental sulit untuk menerjamahkan keinginan pelatih tentau akan kacau dan kerjasama antar lini dilapangan menjadi tidak berkembang dan golpun akan sulit tercipta. Untuk mengantisipasi problem tersebut, Yoyok Suka Wijaya selaku CEO PSIS telah memberikan mandat penuh kepada General Manager PSIS, Wahyu Liluk Winarto untuk memanfaatkan waktu memasukkan pemain potensial agar PSIS mempunyai pemain yang ideal di lapangan. Setelah M. Ridwan di parkir dan beberapa pemain cidera yaitu Erik Dwi Ermawansyah, M. Yunus dan Hari Nur yang kena hukuman tidak boleh bermain dan denda uang manajemen PSIS bergerak cepat dengan mencari dan mencoba pemain anyar yaitu Shalihul Islam, Andrid. Hasilnya cukup sukses dan keduanya dengan cepat beradaptasi dengan pemain PSIS yang lain.

Mohon dukungan masyarakat Semarang agar PSIS dan Persis sukses melakoni 8 b esar. Masyarakat merindukan masa emas era alamarhum Ribut Waidi, Ahmad Muhariyah dari PSIS Semarang dan Sudirman, Nasrul Koto, Ricky Yakub dari Arseto Solo yang menorehkan prestasi nasional bahkan internasional dan menjadi pemain legenda masyarakat Semarang. Untuk mengenang almarhum, di PSIS Semarang dibuatlah patung Ribut mengocek bola tetap kokoh berdiri dipinggir jalan Jatingaleh. Program berlatih dengan keras sudah dilaksanakan, pemain terbaik sudah disiapan, dan doapun perlu dipanjatkan agar asa dapat dikabulkan Allah swt. Bravo PSIS Semarang dan Persis Solo. (tribunjateng/cetak)

Editor: iswidodo Sumber: Tribun Jateng Ikuti kami di Fakta Pasangan Kekasih yang Diarak dan Ditelanjangi, Ternyata tak Berbuat Mesum Sumb er: Google News | Berita 24 Jateng

COMMENTS

Tulis Artikel
Nama

Terkini,50,
ltr
item
Berita 24 Jawa Tengah: Rindu Wakil Jateng di Liga Satu
Rindu Wakil Jateng di Liga Satu
http://cdn2.tstatic.net/jateng/foto/bank/images/rindu-wakil-jateng-di-liga-satu_ahmad-riyatno_20171114_090411.jpg
Berita 24 Jawa Tengah
http://www.jateng.berita24.com/2017/11/rindu-wakil-jateng-di-liga-satu.html
http://www.jateng.berita24.com/
http://www.jateng.berita24.com/
http://www.jateng.berita24.com/2017/11/rindu-wakil-jateng-di-liga-satu.html
true
1590791759327373937
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy