www.AlvinAdam.com


Berita 24 Jawa Tengah

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Ini yang Perlu Diketahui Tentang Kunjungan Presiden Trump ke Asia

Posted by On 14.17

Ini yang Perlu Diketahui Tentang Kunjungan Presiden Trump ke Asia

Ini yang Perlu Diketahui Tentang Kunjungan Presiden Trump ke Asia

Presiden Amerika Serikat Donald Trump tiba di Korea Selatan pada Selasa (7/11) sebagai bagian dari lawatannya ke Asia.

Ini yang Perlu Diketahui Tentang Kunjungan Presiden Trump ke AsiainstagramJokowi dan Donald Trump

TRIBUNJATENG.COM - Presiden Amerika Serikat Donald Trump tiba di Korea Selatan pada Selasa (7/11/2017) sebagai bagian dari lawatannya ke Asia. Apa saja agendanya selama dia berkunjung?

Satu hal yang pasti, Korea Utara
Kedatangan Trump di Korea Selatan untuk bertemu dengan Presiden Moon Jae-in diperkirakan tidak lepas dari pembahasan mengenai Korea Utara. Topik t ersebut sebelumnya juga dia diskusikan dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Tokyo.

Perihal Korut menjadi teramat penting karena Pyongyang telah melesatkan dua rudal jarak jauh melintasi Jepang dan melakoni uji nuklir keenam yang terbesar sejauh ini. Jika konflik Korut meruncing, maka Jepang dan Korea Selatan-lah yang pertama terdampak, apalagi Seoul hanya berjarak 35 kilometer dari perbatasan Korut.

Trump tampaknya menyadari hal itu. Saat berpidato di pangkalan udara Yokota dekat Tokyo, Trump berikrar bahwa dirinya menjamin militer akan memperoleh sumber daya yang diperlukan untuk menjaga perdamaian dan membela kebebasan.

"Tiada seorang pun, tiada diktator, tiada rezim…yang bisa meremehkan kesungguhan Amerika," seru Trump di hadapan pasukan AS dan Jepang.

Kesungguhan AS itulah yang juga diinginkan Korsel. Wartawan BBC di Seoul, Robin Brant, melaporkan lawatan Trump diharapkan dapat memperkuat aliansi militer AS-Korsel guna melindungi Ko rsel dari ancaman Korut.

Trump juga diharapkan tidak mengulangi cuitan retorika tajam terhadap Kim Jong-un yang dia sebut 'pria roket' karena banyak warga Korsel menganggap hal itu justru memperuncing konflik.

Di samping Korut, topik lainnya yang bakal menjadi pembahasan adalah perdagangan. Trump sempat mengkritik kesepakatan perdagangan bebas antara AS-Korsel dan dia sudah jelas menyatakan ingin merundingkan kembali sejumlah aspek dalam kesepakatan itu.

Hal lainnya, Trump berupaya merebut simpati warga Jepang dengan bertemu Piko Taro, komedian yang menyanyikan lagu hits di internet bertajuk Pen-Pineapple-Apple-Pen.

Perhentian selanjutnya, Cina
Cina dalah pendukung ekonomi terbesar Korea Utara. Karena itu, Trump diperkirakan bakal meminta Cina menyokong sanksi terhadap Korut. Masalahnya, pemimpin Cina, Xi Jinping, telah mendapat kekuatan penuh dari Kongres Partai Komunis sehingga dia amat mungkin tidak merasa perlu berkompro mi dengan Trump.

Halaman selanjutnya 123
Editor: sujarwo Ikuti kami di Pensiunan PNS Perkosa Gadis 21 Tahun di Warung Kopi, Video Durasi 3 Menitnya Beredar Sumber: Tribun Jateng

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »