Berkah Jokowi Mantu

Berkah Jokowi Mantu FOCUS Berkah Jokowi Mantu Tukang becak, pedagang di pasar, pedagang bunga, dan mayoritas warga Solo, ikut...

Berkah Jokowi Mantu

FOCUS

Berkah Jokowi Mantu

Tukang becak, pedagang di pasar, pedagang bunga, dan mayoritas warga Solo, ikut mangayubagyo

Berkah Jokowi Mantutribunjateng/grafis/bramRIKA IRAWATI wartawan Tribun Jateng

TRIBUNJATENG.COM - Hari ini menjadi babak baru kehidupan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Putri Presiden Joko Widodo tersebut resmi menyandang status sebagai istri. Akad nikah Kahiyang-Bobby digelar di Gedung Graha Saba Buana, Solo.

Kebahagiaan atas prosesi pernikahan tersebut tak hanya dirasakan keluarga Jokowi. Tukang becak, pedagang di pasar, pedagang bunga, dan mayoritas warga Solo, ikut mangayubagyo atas pernikahan anak kedua Jokowi-Iriana tersebut.

Alih-alih pr otes karena banyaknya polisi yang berseliweran di jalan-jalan protokol atau terjadi pengalihan arus lalu lintas di sekitar lokasi resepsi, mereka malah menanti-nanti datangnya hari H.
Warga ikut merasa senang atas pernikahan Kahiyang-Bobby karena yang mantu adalah presiden, sosok yang merupakan tetangga mereka. Suatu kebanggaan, ikut memberi doa restu kepada anak orang nomor satu di Indonesia.

Yang tak kalah penting, warga boleh dan bisa menjadi bagian dari acara pernikahan Kahiyang-Bobby. Kalau tak kebagian undangan datang ke resepsi pernikahan yang digelar dalam lima sift, mereka bisa melihat mempelai dalam kirab kereta menuju lokasi resepsi.

Sudah lama warga Solo tak menikmati kirab kereta kencana pernikahan ala royal wedding. Terakhir, kalau tidak salah ingat, saat pernikahan putri KGPAA Mangkoenagoro IX GRAj Agung Putri Suniwati yang akrab disapa Menur, dengan artis Sarwana Thamrin, tahun 2008. Mereka diarak naik kereta kencana dari rumah dinas wali kota Solo, Lodji Gandrung, menuju Pura Mangkunegaran.

Kala itu, pemerintahan kota Solo di bawah kepemimpinan Jokowi dan FX Hadi Rudyatmo, menjadi pihak yang turut mengusulkan adanya kirab. Tujuannya, menjadikan kirab royal wedding sebagai magnet wisatawan. Selain, tentunya, mendekatkan warga Solo dengan keluarga Pura Mangkunegaran.

Ini pula yang dilakukan Jokowi saat menggelar pernikahan anak keduanya. Jokowi ingin, pernikahan Kahiyang-Bobby menjadi milik warga Solo, yang mengundang rasa penasaran warga di luar Solo.
Sejak menjadi wali kota, Jokowi sadar, Solo bukanlah daerah yang bisa mendapat pemasukan lewat kekayaan alam. Sebagai kota kecil yang tak lagi memiliki lahan kosong yang luas, pendapatan asli daerah (PAD) bertumpu pada perdagangan dan ekonomi kreatif. Di eranya, pemkot mulai menggelar Solo Batik Carnival, Solo International Performing Art (SIPA), pembangunan pusat kuliner Gladag Langen Bogan (Galabo), penataan kawasan perdagangan di Coyudan, dan revitalisasi sej umlah pasar tradisional. Tujuannya, orang-orang berdatangan dan membelanjakan uangnya di Kota Bengawan.

Begitu pula di pernikahan Kahiyang-Bobby. Ribuan orang dari luar Solo, berdatangan sejak Senin (6/11/2017). Terlepas dari kepentingan politik, Jokowi mengundang setidaknya 5.000 relawan dari Jakarta dan daerah lain. Ada juga 3.000 tamu undangan lain. Kalau semuanya jajan ke Galabo, belanja batik ke Pasar Klewer, dan membeli oleh-oleh di kawasan Coyudan, tentu pedagang melupakan kemacetan yang dihasilkan akibat resepsi pernikahan Kahiyang-Bobby. Yang ada, senyum sumringah karena pendapatan berlipat.

Belum lagi, pedagang bunga yang kebanjiran order membuat karangan bunga ucapan selamat, dan tukang becak yang mengantar tamu-tamu. Sopir taksi online dan konvensional, dan tentu saja, pengelola hotel yang merasakan okupansi penuh.

Kritikan politisi Fahri Hamzah yang menganggap pesta pernikahan yang digelar Jokowi tak lagi sederhana, justru menjadi berkah bagi warga Solo. Begitu pula, pernyataan sedikit nyinyir dari politisi Gerindra Fadli Zon yang mengatakan, dalam tiga tahun menjadi presiden, Jokowi sudah dua kali mantu.

Memang, pesta tak selamanya hura-hura. Diakui atau tidak, ndue gawe Jokowi itu turut menggerakkan roda perekonomian Solo. Semoga berbahagia dan langgeng untuk Kahiyang-Bobby dan selamat menikmati berkah tambah pembeli bagi pelaku usaha di Kota Bengawan. (tribunjateng/Rika Irawati)

Penulis: rika irawati Editor: bakti buwono budiasto Sumber: Tribun Jateng Ikuti kami di Pensiunan PNS Perkosa Gadis 21 Tahun di Warung Kopi, Video Durasi 3 Menitnya Beredar Sumber: Tribun Jateng

COMMENTS

Tulis Artikel
Nama

Terkini,50,
ltr
item
Berita 24 Jawa Tengah: Berkah Jokowi Mantu
Berkah Jokowi Mantu
http://cdn2.tstatic.net/jateng/foto/bank/images/rika-irawati-wartawan-tribun-jateng_tajuk_20170803_073642.jpg
Berita 24 Jawa Tengah
http://www.jateng.berita24.com/2017/11/berkah-jokowi-mantu.html
http://www.jateng.berita24.com/
http://www.jateng.berita24.com/
http://www.jateng.berita24.com/2017/11/berkah-jokowi-mantu.html
true
1590791759327373937
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy